• Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Selasa Pahing 7 Maret 2023 17:23:38

IMPLEMENTASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI DESA NYUHTEBEL

 21 Desember 2023   

Desa sebagai unit terkecil dalam struktur pemerintahan memiliki peran penting dalam menyediakan informasi kepada masyarakat. Penerapan konsep keterbukaan informasi publik di tingkat desa bukan hanya sebuah keharusan hukum, tetapi juga langkah penting untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dan terbuka.

Salah satu aspek utama dari desa yang terbuka adalah penyediaan informasi publik secara jelas dan mudah diakses. Desa dapat memulainya dengan menyediakan website resmi, di mana berbagai informasi terkait kebijakan, anggaran, dan proyek-proyek pembangunan dapat diakses oleh masyarakat.

Hal ini tentunya juga diterapkan oleh Pemerintah Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Langkah Pemerintah Desa Nyuhtebel ini tidak hanya meningkatkan keterbukaan, tetapi juga mempermudah akses masyarakat terhadap informasi yang diperlukan. Keterbukaan informasi publik juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, baik itu musyawarah mufakat maupun musyawarah dalam perencanaan pembangunan desa. Pemerintah Desa Nyuhtebel dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik, telah mengadakan pertemuan terbuka, forum diskusi, atau melibatkan masyarakat dalam pembuatan kebijakan, maupun penyusunan regulasi pemerintah desa.

Terbaru, pada Kamis (30/11/2023) setelah melalui proses seleksi yang ketat dari Komisi Informasi Provinsi Bali, Pemerintah Desa Nyuhtebel  satu – satunya entitas publik di Kabupaten Karangasem yang diberi berkesempatan untuk menyampaikan presentasi tentang inovasi penerapan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di wilayah Desa Nyuhtebel secara daring ( zoom ) di hadapan tim penilai Komisi Informasi Provinsi Bali.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Nyuhtebel juga telah menerima monitoring dan evaluasi oleh Komisi Informasi Provinsi Bali dengan mengisi kuesioner secara elektronik, hingga pengiriman video presentasi tentang pelayanan dan transparansi Pemerintah Desa Nyuhtebel kepada masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Peraturan Komisi Informasi Nomor 01 Tahun 2022 bahwa untuk mengukur tingkat kepatuhan badan publik dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Dengan melibatkan masyarakat, desa tidak hanya mendapatkan masukan berharga, tetapi juga menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama terhadap perkembangan desa.

Kepala Desa Nyuhtebel, Drs. I Ketut Suadnya, MM., menyampaikan bahwa dalam hal menerapkan keterbukaan informasi publik Pemerintah Desa Nyuhtebel memiliki berbagai inovasi, mulai dari mempublikasi pada website hingga sosial media. Selain itu, ia juga menyampaikan dalam memberikan informasi kepada publik, Pemerintah Desa Nyuhtebel juga menyediakan papan informasi serta infografis yang terpasang pada lingkungan kantor desa hingga pada masing-masing banjar.

Hal itu menurutnya adalah salah satu upaya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, sebab ia berprinsip bahwa keterbukaan informasi publik ini sifatnya hak dan kewajiban, dalam artian warga masyarakat memiliki hak untuk mengetahui dan mengakses informasi atas kebijakan maupun regulasi yang diterbitkan oleh entitas publik, serta pada sisi entitas publik sebagai lembaga yang memiliki kewajiban untuk menyiapkan dan menyampaikan informasi kepada khayalak umum.

Pentingnya keterbukaan juga tercermin dalam penyampaian informasi anggaran desa. Desa Nyuhtebel dalam hal ini dapat menyusun laporan anggaran yang transparan, memberikan gambaran rinci tentang pengeluaran dan sumber pendapatan. Ini membantu menciptakan akuntabilitas, memastikan dana desa digunakan dengan efisien, dan memungkinkan masyarakat untuk memahami secara jelas bagaimana anggaran tersebut digunakan.

Selain itu, Desa Nyuhtebel cenderung lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Dengan mengadakan survei, konsultasi, atau mekanisme aduan masyarakat, dengan demikian desa dapat memahami lebih baik kebutuhan masyarakat dan merancang kebijakan yang lebih sesuai.

Dengan menerapkan keterbukaan informasi publik, Pemerintah Desa Nyuhtebel bukan hanya menjadi entitas administratif, tetapi menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat. Pemerintah Desa Nyuhtebel menciptakan iklim yang kondusif untuk pertumbuhan, pemberdayaan masyarakat, dan tercapainya pembangunan yang berkelanjutan. (Pande**)

TAGS :

Turn Up is a boutique and wholly Australian owned company that provides solutions and legal services that are trusted, relevant, consistent and professional Best and Recommended Visa Consultant in Bali Indonesia.

The Director runs the day to day management of Turn Up which requires them to hold a very high and solid understanding coupled with many years of experience to run the business and operational objectives needed to ensure the greatest potential for success for all of Bali expat’s legal needs Best and Recommended Visa Consultant in Bali Indonesia.

With this experience and understanding in mind, they have built a strong team with broad and very focused skill sets to accomplish the best possible outcomes for expatriates, living, working, investing, building a business or even marrying in Bali Best and Recommended Visa Consultant in Bali Indonesia.

We have created a structure that provides solid communication through every step of the process. We provide the time together with a strong plan and a focused team that works towards goals and deadlines to maximize your satisfaction and success.

We give you the Best Trusted Solution and Service by providing operational excellence, service leadership and customer confidentiality.

Turn Up demonstrates our alliance with all of our existing clients by our consistently progressive commitment to customer service. This customer support infrastructure enables us to offer our clients complete satisfaction and excellence of service, which exceeds client expectation while maintaining a cost pro-active attitude of care within our own organization Best and Recommended Visa Consultant in Bali Indonesia.

At Turn Up we ensure that our clients are kept up to date and informed on the progress and of any regulation changes at all times. We respond to each individual’s needs from application to completion.