Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Jumat Pahing
Baca Artikel

Koleksi Nyuh Bojog di Nyuhtebel Berbuah Lebat

Oleh : nyuhtebel | 12 Juli 2018 | Dibaca : 8755 Pengunjung

Desa Nyuhtebel memiliki asal usul nama berkaitan dengan hamparan pohon kelapa/ hutan kelapa yang amat lebat. Nama Desa Nyuhtebel termuat di dalam prasasti Kerajaan Gelgel tahun 1465  M dimana setelah raja Gelgel Dalem Batur Enggong Kresna Kepakisan misinya berhasil mengalahkan pasukan De Dukuh Mengku Tenganan, hutan belantara yang penuh pohon kelapa di sebelah selatan Tenganan diserahkan kepada pasukan perang Gelgel pimpinan Ki Bedolot untuk membangun benteng pertahanan perang di Nyuhtebel.
 
Hamparan hutan kelapa di wilayah benteng pertahanan perang Nyuhtebel ini ditumbuhi berbagai jenis kelapa yang sebagian dari ragam tesebut masih dapat dijumpai saat ini.
 
Upaya pelestarian plasma kelapa dilakukan oleh warga setempat melalui pemanfaatan ragam jenis kelapa untuk ritual upacara adat setempat. Nama jenis kelapa yang dimanfaatkan sarana ritual upacara adat setempat disebut "Nyuh Madan".
 
Ragam Jenis Nyuh Madan yang dijumpai di Desa Nyuhtebel antara lain: Nyuh Bojog, Nyuh Gading, Nyuh Puuh, Nyuh Danta, Nyuh Surya, Nyuh Bulan, Nyuh Macan, Nyuh Udang, Nyuh Julit, Nyuh Ambulung, Nyuh Brahma,  Nyuh Rangda, Nyuh Bingin.
 
Pemberian nama lokal nyuh madan terkadang berbeda di satu desa dengan desa lain. Seperti Nyuh Bojog ada yang memberi nama nyuh sudamala dikarenakan warna sabut yang dimiliki sebagian berwarna abu putih dan sebagian lagi berwarna hitam.
 
Ciri fisik pohon dan buah nyuh madan perlu dikenalin  secara rinci sehingga tidak salah menyebut. Pemberian tanda pada pohon juga penting, sehingga banyak warga yang mengetahui adanya koleksi Nyuh Madan di desa nyuhtebel.
 
Bahkan tidak menutup kemungkinan potensi koleksi nyuh madan ini dapat dikembangkan sebagai wisata flora di desa. Belum banyak informasi tersaji tentang potensi hasil buah dari tiap jenis nyuh madan ini.
 
Nyuh Bojog koleksi yang ada di desa berbuah sangat lebat. Nyuh Julit, Nyuh Bulan buahnya sangat jarang, sehingga agak susah menangkarnya.
 
Penulis berkeinginan menangkar ragam jenis Nyuh Madan  di desa Nyuhtebel dengan alasan pokok nama nyuhtebel terkait dengan keberadaan ragam jenis nyuh di hutan kelapa. Semoga ke depan dapat diwujudkan, swaha.
(pawarta warga nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 12 Juli 2018 | Dibaca : 8755 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :