Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Jumat Pahing
Baca Artikel

Pengembangan Website Desa Sebagai Media Informasi Pengenalan Potensi Desa Nyuhtebel

Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 1962 Pengunjung

Desa Nyuhtebel merupakan salah satu desa dari 12 desa yang berada di Kecamatan Manggis. Desa Nyuhtebel memiliki luas wilayah 202 ha dengan jumlah penduduk 2.673 jiwa, dan  657 KK, sebagian besar masyarakat di Desa Nyuhtebel berprofesi sebagai petani. Desa ini terdiri dari 3 banjar dinas yaitu Banjar Dinas Karanganyar, Banjar Dinas Tengah, dan Banjar Dinas Tauman. Desa Nyuhtebel termasuk salah satu desa yang berada di kawasan strategis Wisata Candidasa sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di desa ini seperti kawasan persawahan dengan pemandangan sawah yang indah yang disertai dengan area Jogging Track, adat tradisi dan kegiatan keagamaan masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahun seperti Aci Usaba Dalem, Aci Usaba Sambah dengan salah satu tardisi yang unik yaitu tradisi Nedunang Pepekek, agro wisata Jogging Track dan kegiatan masyarakat lainya yang apabila dikelola dan dipromisikan dengan baik akan menjadi salah satu pemasukan pendapatan bagi desa. Dalam rangka pengenalan potensi yang dimiliki Desa Nyuhtebel maka diperlukan salah satu media informasi yang baik salah satunya melalui pengelolaan website. 
 
Website adalah suatu portal atau situs yang dapat diakses secara online, dibelahan negara manapun, dimana situs tersebut dapat menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, maupun video. Saat ini Pemerintahan Desa Nyuhtebel sudah memiliki website desa yaitu nyuhtebel.desa.id yang berisi berbagai konten informasi maupun berita mengenai Desa Nyuhtebel. Website desa nyuhtebel saat ini sudah berisi berbagai konten seperti sejarah desa, visi misi desa, profil desa, berita desa dan artikel mengenai produk unggulan Desa Nyuhtebel. 
 
Selain itu dengan adanya website Desa Nyuhtebel diharapkan bisa digunakan sebagai sarana akuntabilitas dan transparansi publik serta promosi potensi-potensi wisata desa. Melalui website desa diharapkan seluruh kegiatan perencanaan ataupun hasil dari pengelolaan pembangunan desa dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat desa. Diharapkan juga website Desa Nyuhtebel nantinya bisa menjadi media poromosi bagi produk-produk UMKM di Desa Nyuhtebel sehingga bisa lebih dikenal masyarakat luas.
 
Tujuan pembuatan website desa tidak lain untuk mempublikasikan keberadaan desa ke dunia luar, sehingga mudah untuk diketahui banyak orang, menginformasikan profil dan potensi desa, mempermudah masyarakat luas untuk memperoleh informasi mengenai desa sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, menjadi wadah dokumentasi segala kegiatan yang dilakukan masyarakat desa dengan mengunggah foto dan vidio kegiatan, menjadikan media promosi produk UMKM desa, dan menjadikan media pengumuman bagi warga desa, sehingga pengumuman yang berkaitan dengan desa dapat dilihat baik oleh warga desa maupun luar desa.
 
Banyak manfaat yang bisa didapat dengan adanya website desa yaitu meningkatkan citra desa, meningkatkan kualitas SDM desa, meningkatkan keunggulan desa, dan penyampaian dan penyebarluasan informasi yang ada di desa. Maka dari pada itu perlu dukungan semua pihak baik dari pemerintah desa maupun masyarakat desa untuk bisa mempromosikan potensi desa ke hadapan dunia luar.
(I Ketut Merta Suyasa, pawarta warga nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 1962 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :