Logo

036341250

  • Om Swastyastu, Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
Minggu Pon
Baca Artikel

Mengelola Info Desa Membangun Transparansi "MIDEN"

Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 369 Pengunjung

Pemerintah Desa Nyuhtebel bertekad untuk dapat mewujudkan kemajuan demi kemajuan desa dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi berikutnya. Dengan menyusun visi desa 2017 – 2022 untuk mewujudkan Nyuhtebel desa mandiri yang maju dengan Tribakti (Sadar – Peduli, Partisipasi dan Swadaya) berlandaskan Tri Hita Karana, pemerintah desa terus berbenah mendorong Tribakti warga desa membangun transparansi kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat direkam, doilah, dikemas dan dibagikan kepada warga masyarakat melalui ‘MIDEN’.
 
MIDEN adalah majalah/ media cetak, singkatan dari Media Informasi Desa Nyuhtebel (MIDEN). Kata miden dalam bahasa Bali juga dapat berarti terbukti = factual (contoh kata ‘midenin’ = membuktikan, terbukti, istilah local). Media MIDEN terwujud tahun 2017 dan terus dikembangkan. Pada awalnya MIDEN dikelola oleh 7 orang Pewarta Warga (yaitu ; Merta S, Hendra S, Mudra, Linda, Arya W, Rico dan Semadi).
 
Pewarta Warga adalah orang atau sekelompok orang yang memiliki keterampilan ‘mewarta’ bertugas dan bertanggung jawab mewartakan pembangunan desa, pemerintahan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat dan hal-hal yang lain yang terjadi di desa sesuai fakta – fakta dan adat istiadat setempat kepada warga setempat sehingga terjadi penyebaran informasi diantara warga desa secara merata. Pewarta warga desa Nyuhtebel ini merupakan bagian atau diambil dari anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di desa. 
Pewarta warga desa Nyuhtebel telah mengikuti beberapa kali pelatihan pewarta yaitu pada tahun 2016 pelatihan di desa Nyuhtebel dengan narasumber dari Dinas Infokom Kabupaten Karangasem, tahun 2017 dengan narasumber dari ICI (International Conservation Indonesia), dan pada tahun 2017 bulan Agustus dengan narasumber dari wartawan Kampus Warmadewa.
 
Pada tahun 2019 direncanakan oleh pemerintah desa Nyuhtebel untuk penambahan anggota pewarta warga agar supaya berjumlah 15 orang dan dianggarkan untuk pelatihan pemantapan mewarta, fotografi, wawancara dan meliput berita. Dengan meningkat jumlah pewarta warga yang mengelola MIDEN, direncanakan MIDEN dapat diterbitkan pada setiap semester atau 2x per tahun. Anggaran biaya MIDEN telah direncanakan setiap tahun di RAPB Desa. 
( I Ketut Mudra, pawarta warga nyuhtebel)


Oleh : nyuhtebel | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 369 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :